25 September 2009

Keliling Sidoarjo....


hehe.. saya mau cerita pengalaman pas di Sidoarjo..
Ketika pertama kali menginjakkan kaki di bandara Juanda, sebenarnya secara geografis saya sudah berada di Kabupaten Sidoarjo, namun secara administrasi masuk ke Kota Surabaya... maklum, kedua wilayah ini memang bertetangga.. Bagaikan Jakarta dengan Tangerang lah.. Ibarat Jakarta dengan Depok.. dan bisa diumpamakan Jakarta dengan Bekasi.. Bedanya, dan hebatnya (biasa aja sih sebenernya!) Sidoarjo tuh punya plat nomor kendaraan bermotor sendiri lho.. Which is: 'W' yang sangat dibanggakan oleh penghuni kabupaten ini..

Sidoarjo saat ini sangat terkenal dengan lumpur Lapindo-nya.. Kasihan.. Padahal kabupaten yang cukup luas ini punya beberapa produk unggulan.. Di antaranya adalah ikan bandeng dan udang yang menjadi logo kota (saya beli bandeng fresto untuk oleh2).. selain itu juga ada sentra kerajinan kulit di daerah Tanggul Angin yang terkenal bikin tas-tas bermutu (Ayah saya pun tau!!).. tidak lupa dengan sajian kulinernya Kupang Lontong, Sate Kerang, Bandeng Fresto ataupun Asap, Kerupuk udang, dan lain-lain (saya tidak mencicipi sama sekali makanan2 tersebut.. hehe)... saking banyaknya sajian kuliner dari hasil laut beserta cocolannya, Sidoarjo pun terkenal dengan nama 'Kota Petis'.. Mungkin karena petisnya seksi sekali.. halah.. itu betis..

Secara sejarah, Sidoarjo dahulu dikenal sebagai pusat kerajaan Janggala.. mungkin itulah sebabnya terdapat Museum Mpu Tantular di daerah ini.. Namun sayang sekali saya tidak sempat mengunjungi museum ini karena satu dan lain hal.. padahal saya sangat berminat untuk mengunjunginya.. hiks.. hiks..
oiya, Kabupaten ini juga mempunyai stadion Gelora Delta yang menjadi markasnya klub Deltras Sidoarjo dan pernah dipakai untuk pembukaan PON XV Jawa Timur 2002..

Saya melihat ada cukup banyak pabrik di sini.. Artinya industrinya cukup berkembang.. selain itu masih banyak pula lahan pertanian di beberapa daerah.. dan saya melihat banyak sekali perumahan di Sidoarjo.. membuat saya teringat kawasan Depok dan Bekasi.. hihi..
Btw, saya mampir ke rumah rekan kerja saya satu instansi, yaitu Mas Edwin yang saat ini aktif dinas di Ternate.. Kebetulan saat itu beliau sedang ada di rumahnya di daerah Wonoayu dalam rangka liburan puasa dan lebaran... Perjalanan cukup jauh dengan kondisi berpuasa dan cuaca yang 'hangat' tidak membuat saya menyerah.. bahkan berlanjut ke rumah rekan saya yang satu lagi, yaitu mas Nugie yang saat ini aktif dinas di Jambi.. Perjalanan justru terasa menyenangkan dan berkesan karena ditemani oleh pendamping dan penunjuk jalan yang sangat manis.. yang rela menemani saya selama mengunjungi Sidoarjo dan Surabaya... huhu.. Miz u...



btw, sebagai penutup akan saya tampilkan foto saya dan mas Edwin di depan salah satu kantor kepala desa di Sidoarjo, tempat saya, mas Edwin, dan pendamping saya (yang motoin) sholat Zuhur di musola kantor desa tersebut.. hehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar