26 September 2009

mengunjungi Kabupaten Pangkajene & Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan





Kabupaten Pangkep terkesan kaya dengan banyaknya pembangunan tempat2 wisata dan gedung pemerintahan secara megah.. sudah terlihat sejak kita memasuki pusat pemerintahan.. Gedung Bupati, Pengadilan Negeri, Masjid Raya, dan Lapangan (semacam alun2) tertata dengan cukup kokoh.. mungkin karena efek Semen Tonasa yang beroperasi di Kabupaten ini..
Secara sejarah, Kabupaten Pangkep merupakan bekas pusat kerajaan Siang yang di masa lalu terkenal dengan kejayaan maritimnya..

Pangkep bisa ditempuh selama sekitar 1 jam dari kota Makassar. Jika supirnya ahli, mungkin bisa hanya dalam 40 menit.. kebetulan saat ini jalan rayanya sudah bagus dan cukup lancar dilalui kendaraan lintas Sulawesi Selatan.. Dari Makassar kita melewati kabupaten Maros sebelum akhirnya sampai di tempat yang dituju..

Dalam petualangan di Pangkep ini, kami 9 orang melarikan diri dari aktivitas diklat di Makassar dengan menyewa sebuah Avanza.. Mengapa harus Pangkep..? karena saat itu kami mendengar kabar adanya semacam Water Boom di sana dengan nama yang cukup menarik.. yaitu DUFAN.. hahaha...

Ternyata Dufan di sini berbeda dengan Dufan di Ancol.. Karena ejaannya memakai huruf Y untuk kata fantasy-nya.. halah halah...
Nama lengkapnya adalah 'Taman Rekreasi Sehat Dufan Mattampa Bungaro'.. Bungaro adalah nama kecamatan tempat objek wisata ini berada..

Apa saja yang ada di Taman Rekreasi ini..? wuah.. lumayan lah untuk ukuran Sulawesi Selatan.. Lumayan banget!! tapi jangan dibandingkan dengan Dufan di Ancol ya.. Beda jauh..!!
Di sini ada Kolam Renang yang cukup meriah.. dengan perosotan yang bertingkat-tingkat, luasnya sesuai standar olympic, dan wahana kolam renang yang sangat menghibur.. sangat menyenangkan bagi kami peserta diklat yang terkurung di Makassar berbulan-bulan.. hehe..

Selain itu ada juga gua-gua karst yang menarik untuk dijadikan tempat foto-foto.. di komplek rekreasi ini pun terdapat museum karst..

Well.. pada intinya mengunjungi Pangkep bukan suatu keharusan jika hanya ingin berenang saja.. di Jakarta juga bisa.. Namun jika ingin berenang dikelilingi alam pegunungan dan karst yang indah, cobalah bermain-main di sini.. terutama jika obyek2 wisata di Makassar sudah habis kalian taklukkan..

1 komentar: